Selasa, 07 Juni 2011

Pengertian Psikologi Klinis

Psikologi klinis merupakan salah satu bidang psikologi terapan yang menggunakan konsep psikologi abnormal, patologi dan kepribadian, perkembangan, serta prinsip-prinsip dalam asesmen dan intervensi, untuk dapat memahami dan memberi bantuan bagi siapa saja yang mengalami permasalahan psikologis, gangguan penyesuaian diri, dan tingkah laku abnormal.

Contoh permasalahan:
  1. Tidak memiliki penilaian yang realistik terhadap kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.
    Con:
    Sering kali melakukan oprasi wajah dan bentuk tubuh lainnya karena merasa kurang cantik

  2. Memiliki tekanan batin yang tidak berkesudahan (kronik).
    Contoh:
    Pada kasus pemerkosaan, taruma akibat gempa, gunung meletus, sunami, ditinggal mati oleh orang yang dikasihi dan lainnya.

  3. Memiliki prilaku yang tidak sesuai pada usianya.
    Con:
    Umur 35 tahun tapi prilaku seperti anak umur 13 tahun

  4. Seseorang yang terlanjur mempelajari bentuk-bentuk prilaku yang maladaptif.
    Con:
    Seorang anak yang tumbuh agresif karena meniru prilaku orang tuanya atau tekanan yang timbul akibat ketidak harmonisan dalam rumah tangga

  5. Seseorang yang mengalami mania disertai delerium (kekacauan mental), dimana orang tersebut biasanya memiliki prilaku yang kacau, bengis, liar, tidak punya rasa malu; pikkirannya kacau dan mengalami delusi; berjalan mondar-mandir, berteriak-teriak, dan terkadang bernyanyi-nyanyi; mengacungkan tangan berhari-hari; terkadang tidak mau makan tapi ketika ia lapar ia dapat memakan habis apapun yang diketemukannya.

  6. dan sebagainya.
Psiologi klinis dapat diartikan secara sempit maupun luas:
  1. Psikologi klinis sering diartikan secara sempit oleh kalangan dokter. Secara sempit, tugas dari psikologi klinis adalah mempelajari seseorang maupun sekelompok orang yang mengalami abnormal atau subnormal dimana tugas utamanya adalah menggunakan tes yang merupakan bagian integral dalam suatu pemeriksaan klinis yang biasanya dilakukan di RS.
  2. Secara luas, psikologi klinis merupakan suatu bidang psikologi yang membahas dan mempelajari kesulitan-kesulitan serta rintangan-rintangan emosional pada manusia, tidak memandang apakan orang tersebut abnormal atau subnormal.

    Psikologi klinis menurut Phares (1992) merupakan suatu bidang yang membahas tentang kajian, diagnosis, dan penyembuhan (treatment) terhadap permasalahan psikologis, gangguan (disorders) atau tingkah laku abnormal.
Sumber:

Slamet I.S, Suprapti & Sumarmo Markam. 2005. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta: UI- Press.
Supratiknya, A. 1995. Mengenal Prilaku Abnormal. Yogyakarta: Kanisius.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer