Yang menjadi sumber dari tugas-tugas perkembangan menurut Havighurt adalah:
- Kematangan fisik
- Tuntutan masyarakat atau budaya dan nilai-nilai
- Aspirasi individu
- Masa bayi dan anak kecil
- Belajar berbicara
- Belajar berjalan
- Belajar makan- makanan padat
- Belajar mengendalikan pembuangan kotoran tubuh,
Con:
BAK dan BAB - Mencapai stabilitas fisiologik
- Belajar membentuk pengertian yang sederhana mengenai realitas fisik dan sosial
- Belajar kontak perasaan dengan orang tua, keluarga, dan orang lain di luar dirinya
- Belajar mengetahui mana yang benar dan mana yang salah
- Belajar mengembangkan kata hati/ hati nurani
- Masa anak sekolah
- Pembentukan sikap yang sehat terhadap diri sendiri sebagai organisme yang sedang tumbuh
Con:
Mencuci tangan dan kaki sebelum tidur - Belajar membebaskan diri dari ketergantungan
Con:
Tidak perlu diantarkan sekolah oleh orang tua - Belajar peranan jenis kelamin
- Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan guna keperluan kehidupan sehari-hari
Con:
Mencium tangan dan memberi salam selum berangkat dan pulang sekolah - Belajar ketangkasan fisik untuk bermain
- Belajar bergaul dengan teman sebayanya
- Mengembangkan sikap sehat terhadap kelompok dan lembaga-lembaga
Con:
Tidak takut jika harus pergi kesekolah - Mengembangkan dasar-dasar kecakapan membaca, menulis, dan berhitung
- Mengembangkan kata hati, moralitas, dan skala-skala nilai
Con:
Hormat kepada orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih kecil darinya.
- Pembentukan sikap yang sehat terhadap diri sendiri sebagai organisme yang sedang tumbuh
- Masa Remaja
- Menerima keadaan jasmani dan menggunakannya secara efektif
- Menerima peran jenis kelamin sebagai pria dan wanita
- Blajar bergaul dengan kelompok anak-anak wanita dan anak-anak pria
- Mengembangkan skala nilai
- Menginginkan dan mencapai prilaku sosial yang bertanggung jawab
Con:
Jika ia berbuat salah maka harus mengakui kesalahannya dan berjanji untuk tidak melakukannya di masa yang akan datang - Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang-orang dewasa lainnya
- Secara sadar mengembangkan gambaran dunia yang lebih adekuat
- Persiapan mandiri secara ekonomi
Con:
Mulai menabung untuk keperluannya sendiri sehingga tidak perlu selalu meninta dari orang tua - Pemilihan dan latihan jabatan, misalnya sudah mulai merancang masa depannya ingin menjadi apa dan harus bagaimana untuk menuju tujuan karir dan hidupnya
- Mempersiapkan perkawinan dan keluarga
- Masa dewasa awal
- Menerima atau mengambil tanggung jawab warga negara
Con:
Ikut mensukseskan pemilihan umum dengan cara berpartisipasi mencoblos calon kepala daerah atau negara yang sesuai dengan hati nuraninya. - Menemukan kelompok sosial yang menyenangkan untuk dirinya
- Memulai bekerja
- Memilih pasangan hidup
- Memulai membentuk keluarga
- Mengelola atau mengemudikan rumah tangga
- Belajar hidup dengan suami atau istri
- Mengasuh anak
- Menerima atau mengambil tanggung jawab warga negara
- Masa dewasa madya/ masa usia maya
- Menerima dan menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik dan fisiologis
Con:
Menyadari bahwa tubuhnya tidak sebugar dulu sehingga mulai mengurangi pekerjaan yang berat - Mencapai tanggung jawab soosial dan warganegara secara penuh
- Mengembangkan kegiatan-kegiatan untuk mengisi waktu senggang dengan dewasa
con:
Mengikuti pengajian di hari minggu - Menghubungkan diri sendiri dengan pasangan hidup sebagia individu
- Mencapai dan mempertahankan prestasi yang memuaskan di dalam karir pekerjaan
- Membantu anak-anak remaja belajar menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bahagia
Con:
Memberikan masukan dan pembelajaran bagaimana menjadi orang yang sukses di dalam karir kepada anaknya
- Menerima dan menyesuaikan diri terhadap perubahan fisik dan fisiologis
Sumber:
Sabri, M. Alisuf. 1993. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar