Kamis, 14 Juli 2011

Ice Breaking, Games, dan Simulasi

Pengadaan training atau pelatihan dapat bertujuan untuk mengulang kembali pelatihan yang telah dilakukan pada training yang telah lalu ataupun mengenal training yang baru yang semuanya bermuara untuk meningkatakan performa ataupun keterampilan seseorang.

Dalam training kita sering mendengar kata-kata seperti ice breaking, games, dan simulasi. Sebenarnya apasih ketiga kata tersebut??

Ice breaking, games, dan simulasi merupakan suatu alat atau sarana untuk membantu pesrta memahami materi yang disampaikan oleh trainer pada saat training berlangsung. Nah.. untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

Ice Breaking

Secara bahasa ice breaking berarti memecah kebekuan. Dan dalam istilah training ice breaking merupakan salah satu cara untuk membuat peserta atau audiens tidak merasa jemu saat training berlangsung, dengan kata lain ice breaking berfungsi sebagai intermezo yang tetap memiliki makna yang dapat diambil.

Ice breaking biasa dilakukan pada kondisi audiens yang antara lain:
  • Terlihat peserta ada yang menguap atau mengantuk
  • Suasana sudah mulai jenuh
  • Suasana gaduh
Con ice breaking:
  1. Meminta peserta untuk berdiri dan mengikuti gerakan trainer (misalnya menggoyang-goyangkan badan atau memijat teman di sebelahnya)
  2. Memberikan soch terapy (misalnya suara dikencangkan atau hentakan suara)
Games

Games atau permainan merupakan aktivitas fan yang terlihat seperti permainan belaka, namun sebenarnya dalam sebuah training games ini berfungsi untuk membantu trainer menyampaikan materi sehingga mempermudah peserta memahami isi training atau materi yang sedang dibahas (insightful). Dan yang terpenting dalam games adalah hikmah dari games tersebut.

Con:
Dalam training yang memuat materi tentang kreativitas salah satu gamesnya misalnya:
  • Setiap peserta diwajibkan menyentuh kursi dengan tiga bagian tubuhnya (anggota badannya) dan tidak boleh sama satu dengan yang lainnya
Simulasi

Simulasi dapat didefinisikan sebagai aktivitas mempratikan sebuah prilaku yang sudah dikondisikan. Serupa dengan games dan ice breaking, simulasi juga bertujuan untuk memudahkan peserta untuk memahami materi yang disampaikan, hanya saja simulasi lebih bersifat serius dan peserta diajak untuk melakukan sesuatu yang terdapat dalam materi tersebut.

Con:
  1. Simulasi problem solving
  2. Simulasi membuat suatu masakan
Dari semua paparan diatas, ice breaking, games, dan simulai merupakan suatu alat yang digunakan oleh trainer untuk memudahkan audien atau peserta dalam memahami materi yang disampaikan dan oleh karena itu debriefing dan pengambilan kesimpulan dari ice breaking, games, dan simulasi yang paling menentukan keberhasilan seorang trainer dalam menyampaikan suatu materi.

Nota:
Untuk contoh games kreatif silakan klik blog sebelumnya di
http://ratunisaindriasari.blogspot.com/2011/07/contoh-games-kreatif.html

Sumber:
Ghufron, M. Mikail. Disampaikan Pada Training for Trainer FP2I, FPsi UIN Jakarta. Jakarta: 12 April 2007

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer