Kamis, 14 Juli 2011

Modalitas Menjadi Trainer Handal

Siapa yang tidak ingin menjadi seorang trainer yang handal?? Setiap trainer pasti menginginkannya, karena selain kita bahagia orang lain dapat berubah dan meningkatkan kemamuan mereka karena kita, dan tidak dapat dipungkirin bahwa akan banyak tawaran yang akan kita dapatkan yang akhirnya semua bermuara pada peningkatan tarap hidup.

Untuk menjadi seorang trainer yang handal, ada bainya kita memiliki modal yang antara lain:
  1. Creative
    Kreatif, merupakan kemampuan menggunakan seluruh lapisan otak (kanan-kiri, depan-belakang) untuk meng-create sesuatu atau menciptakan sesuatu baik itu konsep ataupun karya yang berbeda tapi berkualitas

    Misalnya:

    Dalam membuat suatu games, ada baiknya kita menciptakan sendiri sebuah games baru yang kreatif yang memiliki hikmah yang terkait dalam materi yang kita sampaikan walaupun banyak games yang sekarang bayak terdapat di dalam buku-buku atau internet.

    Dengan kata lain bagaimana kita membuat games yang murah dan mudah tanpa harus menguras kantong namun tetap kreatif dan sesuai materi.

  2. Intelligence
    Intelligence disini merupakan kemampuan membuat konsep tentang sesuatu yang baru kemudian mengaplikasikannya ke dalam aktivitas yang nyata. Dimana kita dituntut untuk dapat perpikir taktis dan strategis

  3. Madness
    Madness atau kegilalan yang dimaksud adalah dimana seorang trainer yang handal adalah mereka yang sanggup berpikir, bertindak diluar kebiasaan di luar kebiasaan orang yang biasa.

    Misalnya:

    Walaupun bayak terdapat contoh games, tapi ia lebih memilih membuat games baru dengan mengandalakan kreatifitas, intelligence, dan madnessnya sehingga games yang dihasilkan berbeda dengan trainer yang lain dan hal ini juga dimaksusd agar peserta tidak jemu karena games yang dia terima merupakan games yang belum pernah ia dapatkan pada training-training sebelumnya.
Note;
Untuk mengetahui secara mendalam modal yang harus dimiliki oleh seorang trainer, ada baiknya anda juga meliat posting sebelumnya yang memuat tentnag ice breaking, games, dan simulasi pada posting di bawah ini:
http://ratunisaindriasari.blogspot.com/2011/07/ice-breaking-games-dan-simulasi.html



Sumber:
Ghufron, M. Mikail. Disampaikan Pada Training for Trainer FP2I, FPsi UIN Jakarta. Jakarta: 12 April 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer