Rabu, 04 Mei 2011

Tampilan dan Administrasi Skala Psikologis

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menyusun skala psikologis adalah penampilan fisik skala itu sendiri selain dari persyaratan psikometri sebagai alat ukur dan kualitas dari isi skala. Hal itu penting karena penampilan fisik skala yang menarik dapat membangkitkan minat responden untuk mengisi dan mendorongnya untuk sungguh-sungguh mengisi skala yang kita aberikan.

Kesungguhan inilah yang mendukung asumsi bahwa responden memberikan jawaban yang sesungguhnya dan sesuai dengan keadaan dirinya sehingga informasi yang kita peroleh menjadi data yang reliabel.

Adapun yang perlu diperhatikan dalam membuat tampilan skala antara lain:
  1. Format dan tata letak
    • Format ini berkaitan dengan bentuk aitem yang akan kita pilih, misalnya;
      'ya -tidak', 'setuju- tidak setuju', pilihan ganda dll

      Untuk pemilihan format ada baiknya kita memperhatikan usia dari responden, misalnya bila responden sudah menginjak usia yang relatif tua maka format aitem yang kita pilih ada baiknya yang sederhana (misalnya 'ya-tidak')

    • Pada pemilihan tata letak (lay-out) harus mempermudah responden dalam menjawab. contonya:
      - tidak membuat aitem yang terlalu banyak dalam satu halaman
      - antara 1 aitem dengan aitem lainnya di beri jarak namun dalam pemilihan jarak juga jangan terlihat pemborosan ruang sehingga skala terlihat sangat panjang.

      con:
      1. Saya adalah orang yang keras kepala ( ) ya ( ) tidak

      2. Saya sulit menerima kritikan dari orang lain ( ) ya ( ) tidak

    • Selain itu, dalam pembuatan skala juga diharapkan tidak adanya kesalah tulis ataupun cetak walau hanya satu huruf atau angka.

    • Untuk ukuran kertas, format lembaran berbentuk buku atau kwarto biasanya lebih menarik dari pada ukuran folio karena bentuk folio membuat aitem terkesan lebih banyak sehingga dapat membuat responden menjadi malas sebelum membacanya.

    • Tipe huruf yang digunakan ada baiknya yang sederhana dan jelas sehingga mudah dibaca, baru kemudian mempertimbangkan estetikanya karena mengingat responden yang sudah agak tua cendrung akan menjadi sulit bila kita menggunakan tipe tulisan seperti Bradley Hand ITC, Chiller dll.

  2. Penggunaan warna
    Tampilan skala yang dibuat baik dengan huruf maupun kertas yang berwarna cendrung akan terkesan menyenangkan, dapat mengurangi ketegangan, dan dapat menimbulkan apresiasi dari pada skala yang hanya hitam- putih.

    Namun bukan berarti kita menggunakan banyak warna ataupun warna yang mencolok dalam pembuatan skala karena yang ada responden menjadi malas membaca lantaran skala yang kita buat susah dibaca dan menyakitkan mata.

  3. Lembar jawaban
    Untuk memudahkan responden menjawab dan meminimalisirkan biaya, maka lembar jawaban dapat dipisah dari skala. Hal tersebut terutama bila dalam skala terdapat banyak aitem, jadi kita hanya menfoto copy lembar jawaban saja sedangkan skala dapat kita pergunakan berulang-ulang.

    Apabila kita menggunakan lembar jawaban, maka petunjuk menjawab hanya disajikan pada buku skala, sedangkan lembar jawaban hanya memuat tentang jawaban responden dan beberapa identitas responden yang berkaitan dengan tujuan penelitian.

  4. Data identitas
    Data nama, usia, jenis kelamin, agama, suku, gaji, dan sejenisnya biasanya dianggap sebagai informasi yang sangat pribadi sehingga ada baiknya kita menanyakannya bila memang itu betul-betul diperlukan, mengingat responden terkadang risih dan akan menjadi tidak terbuka atau tidak memberikan jawaban yang sesungguhnya.

    Nama responden diperlukan apabila skor skala dipergunakan untuk keperluan diagnosis individu atau dalam penelitian skor subjek dikaitkan dengan skor atau variabel lain, namun sebaliknya jika dipergunakan untuk diagnosis kelompok maka nama responden tidak selalu perlu dicantumkan.

  5. Intruksi atau petunjuk pengerjaan
    Intruksi atau petunjuk pengerjaan harus dibuat secara jelas dan ringkas, bila perlu diberikan contoh pengerjaan agar mempermudah responden dalam pengisian skala.

    con:
    Petunjuk Pengisian

    Berikut ini ada sejumlah pertanyaan mengenai kepercayaan diri dewasa madya. Pililah jawaban dengan cara memberi tanda silang (X) pada salah satu pilihan jawaban yang tersedia dikanannya. Kerjakan semua dengan cermat dan jangan melewatkan satu pertanyaan pun.

    Adapun arti pilihan jawaban tersebut adalah:

    SS : Sangat Setuju
    S : Setuju
    N : Netral
    TS : Tidak Setuju
    STS : Sangan Tidak Setuju

    Sumber:
    Azwar, Saifuddin, 2006, Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer