Senin, 07 Januari 2013

Pemberian MPASI Pada Bayi

Pernah nggak sih kita merasa ko ni bayi nangis terus? nyusu melulu? apa jangan-jangan dia nggak kenyang? atau ASI saya cuma sedikit? apa perlu ditambah dengan susu formula, bubur atau pisang? soalnya ada yang bilang anaknya baru dua minggu saja diberi pisang habis nangis terus dan laper melulu? nah kalau sudah seperti ini kira-kira apa yang akan kita lakukan?

Kalau pengalaman saya si, ya susu-in aja terus toh semakin sering kita menyusui maka produksi ASI-pun malah semakin banyak dan sebaliknya, asal kita tidak stres, sering berolah raga, memijat payudara untuk merangsang kelancaran ASI, ditambah dukungan keluarga dan suami, dan yang terpenting konsumsi makanan yang bergizi.

Adapun makanan yang dapat dikomsumsi oleh ibu menyusui antara lain:
  1. Makanan seimbang yang terdiri dari karbohidrat (nasi, kentang, bihun), lemak (minyak, kacang-kacangan, dan daging), protein (tahu, tempe, telur, kacang-kacangan, daging, dan ikan), sayur, dan buah.
  2. Buah yang mengandung vitamin c yang baik untuk penyerapan zat besi misalnya, strauberi, melon, kiwi, jeruk, dan tomat.
  3. Makanan yang mengandung zat besi, seperti sereal, daging, hati, dan buah kering.
Nah... setelah kita mengetahui tentang cara meningkatkan produksi ASI sekarang sebenarnya kapan sih sebaiknya bayi mulai di beri makan?

Bayi sebaiknya dari umur 0-6 bulan hanya diberikan ASI atau biasa disebut ASI ekslusif. Adapun menurut dokter Tiwi dalam bukunya yang berjudul Anak sehat: 100 solusi dr Tiwi Panduan Lengkap Kesehatan Bayi 0- 24 bulan  bahwa makanan pendamping ASI dapat diberikan setelah bayi mengkonsumsi ASI ekslusif selama 6 bulan, hal ini karenakan pada usia ini sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuhnya telah sempurna untuk menerima makanan padat. Jadi, orang tua tidak perlu cemas anaknya akan mengalami alergi. Pada saat ini anak harus sudah diajarkan untuk mendorong makanan padat di rongga mulut dengan lidahnya hingga masuk ke bagian belakang mulutnya untuk ditelan.

Adapun alasan bayi hanya di berikan ASI selama 6 bulan dan baru di berikan MP-ASI setalahnya antara lain:
  1. Pemberian ASI ekslusif dapat membantu mengurangi bayi terkenan alergi.
  2. Sistem imunitas bayi dibawah 6 bulan belum sempurna sehingga perlu adanya ASI ekslusif untuk membantu menyempurnakan sistem imunitas pada bayi dan menurut penelitian bayi yang diberikan MP-ASI di bawah 6 bulan akan lebih sering mengalami infeksi dibandingkan bayi di atas 6 bulan yang baru di berikan MP-ASI.
  3. Sistem pencernaan bayi telah mampu menerima makanan padat.
Pada awal-awal pemberian MP-ASI, ada baiknya kita tidak menambahkan gula, pemanis rasa, maupun garam pada makannya. Hal ini dikarenakan pemberian gula hanya akan membebani kerja pangreas dan hati bayi. Dan pemberian garam juga dapat membebani pencernaan dan ginjal bayi yang masih peka. Ada baiknya pada awal-awal pemberian MP-ASI bayi mengenal rasa asli pada makanan yang ia makan hal ini untuk membantu melatih syaraf kepekaan perasa pada bayi. Kalau saya sih biasanya mengganti gula dengan jagung manis dan keju atau margarin tuntuk memberikan rasa gurih pada buburnya.

Adapun beberapa contoh makanan padat yang dianjurkan antara lain:
  • Untuk pengenalan MP-ASI yang pertama diberikan adalah pure buah atau jus buah. Pure buah dapat diberikan dengan ditambah dengan ASI atau hanya pure buah itu sendiri. Adapun buah yang dianjurkan antara lain:
  1. Pisang.
  2. Alpukat.
  3. Pepaya.
  4. Melon.
  5. Apel manis. 
  • Setelah bayi beradaptasi dengan buah tahap selanjutnya adalah memberikan sereal atau tepung beras dan sayur saat bayi berusia sekitar 7 bulan. 
Untuk tepung beras yang dianjurkan adalah beras putih, beras merah tau beras coklat. Dan sayuran seperti labu kuning, wortel, bayam, kacang hijau, dan lain-lain.
  • Pemberian protein hewani dapat diberikan segera setelah bayi mengenal produk dari bahan nabati. Adapun contoh protein hewani misalnya ikan, daging, dan telur.

Untuk contoh MPASI dapat anda lihat di pembahasan Resep Masakan MPASI:
http://ratunisaindriasari.blogspot.com/search/label/Resep%20Masakan%20MPASI
http://ratunisaindriasari.blogspot.com/2013/01/resep-mpasi-bubur-jagung-manis.html
http://ratunisaindriasari.blogspot.com/2012/12/resep-mpasi-bubur-daging-sayur-buah.html
http://ratunisaindriasari.blogspot.com/2012/12/resep-mpasi-bubur-ayam-sayur-tofu.html
http://ratunisaindriasari.blogspot.com/2012/12/resep-mpasi-bubur-ubi-ceker-ayam.html
http://ratunisaindriasari.blogspot.com/2012/12/resep-mpasi-bubur-ikan-kembung-banjar.html
http://ratunisaindriasari.blogspot.com/2012/12/resep-mpasi-bubur-ayam-sop-kacang-merah.html


Sumber:
  1.  Pertiwi, I Gusti Ayu Nyoman. Anak sehat: 100 solusi dr Tiwi Panduan Lengkap Kesehatan Bayi 0- 24 bulan. 2011. Erlangg.
  2. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. 2011.   Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer