Kamis, 04 Maret 2010

alur penerimaan karyawan baru

bekasi, 5 maret 2010
by Ratu Nisa Indriasari

alur penerimaan karyawan baru ini didapatkan dari dosen saya yang bernama bapak Asep Haerul Gani ketika saya kuliah pengenai pio peminatan di bulan maret tahun 2007

adapun alur peneriman karyawan baru yaitu:

iklan - kumpulkan lamaran - test - wawancara - refference check - tes kesehatan - opering - tanda tangan pk (peranjian kerja)

1. iklan
iklan dapat dibuat dengan menggunakan media cetak maupun elektronik yang mana iklan ini memiliki ciri-ciri yang antara lain:
  • iklan sirri, yaitu perusahaan tidak menjelaskan perusahannya secara jelas. contohnya
    tidak mencantumkan nama perusahaannya.
  • our klien, yaitu perusahaan memakai pihak ketiga untuk mencari karyawan baru. contohnya experd dan executive search.
  • iklan terang- terangan, yaitu perusahaan menjelaskan mengenai perusahaannya baik itu nama, alamatnya, dan ataupun menjelaskan sedikit mengenai perusahaan tersebut. alamat yang di berikan perusahaan ada yang berupa po box, email, dan atau keduanya.
menghitung biaya iklan koran:
con;
pertanyaan: berapakah biaya iklan koran untuk ukuran 1/32 (L = 73 mm. P = 100 mm)
jika diketahui biaya iklan Rp. 40.000.- ?
jawaban:
dik: - harga iklan = Rp. 40.000.-
- 1 kolom = 4, 2 cm
- L = 73 mm
- P = 100 mm
dit: biaya iklan 1/32?
jwb:
rumus: (kolom x p x harga iklan) + ppn

* 73 mm = 2 kolom

* maka: (2 x 100 x 40.000) + 10% = 8.800.000
* jadi biaya iklan untuk ukuran 1/32 adalah Rp. 8.800.000.-

wah untuk sebuah iklan koran ukuran 1/32 aja perusahaan kira- kira harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 8.800.000.- bila banyak karyawan yang keluar masuk dalam setahun di perusahaan tersebut berapa rupiah yang harus mereka keluarkan hanya untuk biaya iklan?

2. mengumpulkan lamaran
setelah perusahaan mengeluarkan iklan lowongan baik dimedia cetak maupun elektronik, maka tahap selanjutnya adalah mengumpulkan data pelamar yang telah masuk ke data base perusahaan yang kemudian akan di pilih dan di saring untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu pemanggilan.

calon karyawan baru yang dipilih harus sesuai dengan kriteria yang telah di tetapkan sebelumnya sesuai dengan permintaan user yang bersangkutan. dimana biasanya user telah menetapkan kriteria -kriteria tertentu yang di butuhkan untuk menepati posisi tersebut dan biasaya dengan tidak mengabaikan contoh karyawan yang memiliki kinerja terbaik yang pernah menduduki jabatan tersebut di perusahaan sebagai model atau salah satu kriteriya yang diinginkan.

contohnya; lamaran sebagai cs
kriteria pelamar: - usia max 27 tahun - lulusan min D3 -berpenampilan menarik
- mampu bahasa inggris baik lisan maupun tulisan

3. test
alat tes digunakan oleh perusahaan untuk mengukur kecerdasan maupun kepribadian dan sikap kerja calon karyawan. ada beberapa macam tes yang digunakan, contohnya dengan menggunakan TPA, psikotes, tes diskusi kelompok, tes toefel dan lain sebagainya yang mana tes- tes tersebut di sesuaikan dengan posisi yang akan di isi.

alat psikotes yang dapat di gunakan untuk menyaring calon karyawan misalnya dengan menggunakan; tes pauli, warteg, DAP, Baum, dan IST.

4. wawancara
setelah calon karyawan dinyatakan lolos dalam tes seleksi tulis, maka tahap selanjutnya adalah melakukan wawancara.

bagi seorang rekruter (pewawancara), disarankan untuk membuat data mengenai pertanyaan yang akan di tanyakan dan model pertanyaan apa yang akan digunakan supaya wawancara dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang tidak merugikan perusahaan maupun calon karyawan. karena calon karyawan itu merupakan salah satu aset pengguna produk maupun jasa dari perusahaan kita. oleh karena itu berikanlah kesan yang baik mengenai perusahaan ke pada calon karyawan baru kita.

bentuk-bentuk wawancara ada beberapa macam, misalnya pertanyaan terstruktur dan terbuka. kenali dengan baik metode wawancara yang ada serta pahami kekurangan dan kelebihan dari metode tersebut seta pergunakanlah sesuai dengan keguanaannya.

5. refference cek
proses ini adalah proses untuk mengkonfirmasi kebenaran data yang di tulis oleh pelamar, dengan kata lain kita mengecek, misalnya apakah benar pelamar tersebut telah bekerja di perusahaan z selama 1 tahun.

untuk proses ini perusahaan harus memastikan berapa persisnya biaya yang akan di keluarkan dalam proses refference cek. misalnya perusahaan harus memperhitungkan berapa lama waktu yang di butuhkan permenitnya untuk menelepon orang yang telah direferensikan oleh pelamar, berapa rupiahkah permenitnya? dan perhitungan- perhitungan lainnya.

6. test kesehatan
tes kesehatan ini di bertujuan tuntuk memastikan apakah pelamar dalam keadaan yang sehat sehingga tidak merugikan pihak perusahaan.

7. opering
opering adalah negosiasi gaji. penetapan gaji sangat penting untuk perusahaan maupun calon karyawan sendiri. sehingga keduanya tidak ada yang mau di rugikan. oleh karena itu disinilah kebijakan perusahaan di tuntut apakah perusahaan akan menetapkan gaji di bawah harga pasar, sesuai harga pasar, ataukah di atas harga pasar. intinya adalah bagaimana perusahaan membayar orang yang tepat dengan angka yang tepat dan dengan alasan yang tepat pula.

misalnya untuk gaji seorang CS di suatu bank swasta berkisar a0ntara Rp. 1.250.000 - Rp. 1.500.000. bank A menberikan gaji CS-nya sebesar Rp. 1.400.000 dengan tunjanga yang di berikan adalah tunjangan kesehatan dan jam lembur; bank B Rp. 1.350.000. dengan tunjangan kesehatan, transport, dan jam lembur; bank C Rp. 1.450.000 dengan tunjangan kesehatan, transport, dan jam lembur. mana yang anda pilih?

atau contoh lain:

kasir gaji

* toko swalayan A ........................................ Rp. 1.1 juta
* toko swalayan B ........................................ Rp. 1 juta
* toko swalayan C ........................................ Rp. 900.000

maka, yang paling sesuai adalah perusahan kita Rp. 900.000. mengapa?
karena:
- posisi kasir mudah di cari dan masih banyak pelamar yang bersedia di gaji dengan nominal
tersebut.
- perusahaan harus untung.
- untuk memotivasi karyawan agar mau berkembang ke jenjang jabatan yang lebih tinggi lagi.

namun untuk staf yang sulit dicari maka harus memberikan gaji ai atas harga pasar apalagi bila orang tesebut mempunyai kompetensi yang cemerlang di bidangnya.

oleh kerena itu bijaklah dalam menetapkan sesuatu.....

8. tanda tangan PK (perjanjian kerja)
setelah semua proses sudah dilalui, tahap terakhir adalah penandatangan perjanjian kerja. dimana biasanya berisi tentang:
  • nama perusahaan yang biasanya di sebut pihak pertama.
  • nama calon karyawan yang biasanya di sebut pihak ke dua.
  • jabatan atau posisi yang akan di tempati oleh calon karyawan.
  • sejak kapan karyawan tersebut bekerja di perusahaan.
  • batas waktu karyawan tersebut (hal ini biasaya di gunakan untuk karyawan kontrak, misalnya 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun)
  • ketentuan bila karyawan ingin berhenti (misalnya, memberitahukan perusahaan minimal 1 bulan jika ingin memutuskan kontrak).
  • hak dan kewajiban perusahaan maupun karyawan. dan lain sebagainya.

nah... sebelum itu semua dilakukan, maka ada baiknya perusahaan dalam mencari calon karyawan baru memperhitungkan beberapa aspek diantaranya:

1. berapa persisnya biaya yang harus di keluarkan oleh perusaan untuk proses pencarian calon
karyawan baru?
2. berapa waktu yang di butuhkan untuk proses pencarian pegawai baru hingga mereka di
terima?
3. kapan waktu yang tepat untuk mencari atau membuka lowongan pekerjaan tersebut?
4. apakah posisi tersebut memang benar- benar di butuhkan?
5. apakah posisi tersebut dapat di kerjakan oleh karyawan yang ada atau dengan kata lain
karyawan tersebut mempunyai job tambahan?
6. karyawan yang dicari berasal dari dalam perusahaan ataukah dari luar perusahaan?
7. bila dari luar apakah dari data base pelamar yang sudah ada ataukah menggunakan
iklan?
8. apakah perusahaan merekrut calon karyawan baru dengan menggunakan karyawan
perusahaan sendiri ( hrd yang ada) ataukah dengan menggunakan jasa dari pihak
ketiga?
9. bila perekrutan di lakukan oleh perusahaan sendiri, berapa persisnya biaya yang dikeluarkan
dan berapa persisnya biaya yang dapat di hemat oleh perusahaan bila tidak menggunakan
pihak ketiga, namun adakah kekuranganya?
10. apa manfaat dan kekurangan bila menggunakan jasa pihak ketiga dalam proses rekrutasi?


---------- untuk sementara sekian dulu ya

lain waktu di teruskan dengan topik yang berbeda----------------

2 komentar:

  1. kalo alur scra step by step'y ada gak..???
    kya flowcharty gtu..

    BalasHapus
  2. dear dizzy...
    untuk flowchartnya sudah d update..
    terimakasih ya untuk masukannya

    BalasHapus

Entri Populer